Minggu, 26 April 2015

Tanggung Jawab


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakaatuh
Tanggung jawab,  berbicara tanggung jawab berkaitan erat dengan perasaan, takut, patuh, kegembiraan dan hal lainya untuk melakukan suatu hal. Tanggung jawab adalah sifat yang wajib ada pada makhluk hidup. Tanggung jawab sendiri adalah kesadaran seseorang untuk menanggung semua perbuatan dan tingkah laku yang telah di perbuat dan bias menerima segala resiko dari perbuatan tersebut.
            Tanggung jawab juga tidak harus pada diri sendiri tapi bias pada hal lain seperti kerabat, hewan , pada tuhan yang telah menciptakan kita pun kita mempunyai tanggung jawab , lalu pada bumi ini, kita sebagai makhluk yang tinggal dan hidup dibumi ini pun kita mempunyai tanggung jawab besar untuk merawat bumi agar bumi yang indah ini layaknya surge tidak menjadi tempat yang hancur hal layaknya neraka.
            Soal tanggung jawab ini saya pun ada kisah tersendiri soal itu, kejadianya belum begitu lama sekitar bulan Pebruari saya dan teman saya di percayakan jadi pasangan caster untuk sebuah pertandingan game yang di adakan oleh salah satu mahasiswa Gunadarma yang mengatas namakan dirinya KD2G.
            Caster itu adalah seseorang yang mengkomentari jalanya satu pertandingan antar 2 team yang berbeda, caster juga secara tidak langsung menjadi juri lapangan selama pertandingan, caster juga yang melaporkan hasil dari pertandingan antara 2 team tadi, siapa yang menjadi pemenang dan team mana yang kalah.
            Seperti yang saya bilang di atas, munculnya tanggung jawab bisa berdasarkan perasaan. Di kasus ini saya dengan senang hati dan penuh dengan tanggung jawab menjalankan tugas saya menjadi sebuah co-caster  karna saya menyukai game tersebut dan merasa bahagia bisa menjadi salah satu bagian untuk sebuah event. Pertandingan diadakan selama tiga hari dan dilaksanakan secara online, dengan memikul tanggung jawab penuh pada tiap pertandingan yang saya dan teman saya pegang hari pertama berjalan dengan lancer. Saya memilih berpasangan dengan teman saya ini karna saya merasa dia juga tipe yang tidak setengah – setengah dalam menjadi sebuah caster, dia juga menjalaninya secara professional dan tidak main main.

            Masalah timbul saat mulai pertandingan di hari ke-2 , saya dan teman saya mulai ngecast pertandingan dari jam 09.00 AM WIB hingga jam 19.00 PM WIB. Masalah timbul pertandingan terakhir di hari ke – 2, karna sudah hari kedua jumlah team berkurang jadi ada beberapa caster yang tidak mendapatkan jatah cast team sehingga yang seharusnya hanya 2 caster menjadi 3. Disinilah saya tidak merasa nyaman dengan kedatangan dari si caster ke-3, saya merasa dia terlalu asal – asalan untuk menjadi seorang caster, ya saya tau saya juga bukan seseorang yang pro karna baru kali ini saya melakukan cast sebuah event pertandingan game tapi berbeda dengan orang ini, dia seperti tidak menghormati player, 2 caster lainya dan penonton yang menonton pertandignan tersebut. Kenapa saya bias bilang seperti itu, saat memasuki game dan mulai pertandingan muncul suara – suara ribut yang keluar dari caster ke-3 ini, ternyata saya baru tau bahwa orang ini berada di dalam warnet dan threshold pada micnya di decress sehingga suara noise sekecil apapun dapat terdenga. Hanya terdengar suara ocehan teman – temanya, obrolan – obrolan mereka yang keluar dari topic pertandingan dan lelucon – lelucon mereka yang tidak ada hubunganya sama sekali dengan pertandingan, sata fikir hal tersebut tidak menandakan sikap tanggung jawab pada dirinya karna dengan perilakunya yang seperti itu dapat mengganggu saya dan teman saya serta para penonton.yah walaupun memang event ini tidak tergolong besar, tapi menurut saya dengan di biasakanya sikap tanggung jawab dari hal-hal kecil nantinya akan berdampak besar pada diri anda kedepan.

Amir Hamzah | 50411670 | 4IA07 

0 komentar:

Posting Komentar