Minggu, 19 April 2015

Menganalisis Halaman Website ( Twitch )

Twitch.tv adalah salah satu chanel online untuk menayangankan pertandingan – pertandingan game secara live ataupun replay. Selain melalui website, twitch.tv sendiri mempunyai aplikasi yang dapat di download di prangkat android kita.
            Seperti website channel online pada umumnya, www.twitch.tv menerapkan sistem cloud computing. Cloud computing terletak pada penerapan sistem chat pada website ini dan kita di haruskan mendaftar terlebih dahulu untuk dapat melakukan chat.


Gambar 1. Tampilan Halaman Utama Twitch.tv

                Pada menu utama yang berlogo twitch (Home), disajikan informasi utama dan diutamakan . Biasanya siaran langsung dari sebuah pertandingan game yang sedang mengadakan tournament.
            Pada bagian atas terdapat menu search/browse, menu ini digunakan untuk mencari sebuah pertandingan atau sebuah channel (personal) yang videonya di siarkan secara live atau offline pada twitch.

            Ada juga menu Log in agar kita bias berinteraksi (chat) pada channel yang sedang aktif dan juga menu sign up untuk mendaftarkan diri pada twitch.
            Pada bagian bawah menu utama terdapat Featured Games. Di dalam featured games ini terdapat game – game yang siaranya terdapat di twitch, seperti League of Legends(lol), counter strike:global online,Hearthstone dan Dota2.

Gambar 2. Tampilan Pada game Dota2

            Ketika kita mengklik sebuah game (Dota2) akan muncul tampilan seperti Gambar 2. Ada tombol follow untuk memfollow game dota2 pada twitch, ada juga menu live channels jika kita ingin menonton pertandingan langsung secara live dari berbagai channel yang telah terdaftar pada twitch dan jika kita ingin menonton sebuah replays kita bias masuk ke menu videos.
            Di sini juga terdapat menu browse, disini kita dapat browse sesuai kategori. Terdapat 3 kategori, ada games, channels dan videos
            Ketikka kita mengklik satu buah channel live ( Dota 2 TV Indonesia ) akan muncul siaran live pertandingan yang di bawakan oleh channel DTVI .kita bias melakukan setting pada videonya , seperti volume, kualitas gambar video dan ukuran pada video ( full screen ). Pada bagian sebelah kanan juga terdapat kolom chat, kita dapat chat dengan sesame penonton pada channel tersebut tapi kita diharuskan untuk log in terlebih dahulu.

Gambar 3. Live Streaming Channel DTVI

Kesimpulan
            Twitch.tv adalah salah satu website yang menyediakan layanan live streaming online untuk berbagai macam pertandingan game dan berbagai macam channel. Website ini menggunakan konsep cloud computing. Penonton dapat membuat sebuah akun untuk dapat melakukan interaksi pada penonton lainya. Menurut saya twitch ini mudah digunakan oleh user, karna tidak terdapat menu yang terlalu banyak yang membuat pengguna kebingungan. Twitch menyediakan banyak live streaming dari berbagai channel, jadi para penonton dapat melihat team kesukaanya bertanding secara live. Selain itu banyak channel yang bergabung pada twitch sehingga penikmat dari penjuru Negara dapat menikmati live streaming sesuai bagian negaranya masing – masing, contohnya DTVI( Dota 2 TV Indonesia ) channel milik orang Indonesia ini menyiarkan live streaming pertandingan Dota 2 dengan komentator berbahasa Indonesia.
            Kekurangan dari website ini menurut saya adalah koneksi. Mungkin untuk beberapa pengguna akan merasakan dampaknya. Saya tidak tau dengan yang lain, tapi saya sendiri merasakan dalam live streaming di twitch terkadang menemui kendala dalam koneksi. Biasanya di jam – jam tertentu channel akan mengalami buffering yang lumayan mengganggu saat menonton, saya sendiri pun menggunakan provider internet yang cukup cepat jadi saya menyimpulkan gangguan terdapat pada twitch, ntah pada channel yang melakukan live stream atau pada website twitch tersebut.
            Tapi diluar dari koneksinya yang terkadang baik terkadang buruk twitch menjadi tempat favourite saya untuk menonton live streaming game. Terlepas dari itu jika koneksi sedang tidak stabil kualitas video live streamingnya dapat di turunkan agar tidak mengalami gangguan.

Amir Hamzah | 50411670 | 4IA07


0 komentar:

Posting Komentar