Kamis, 27 Oktober 2011

Cara Bersikap dan Bergaul

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sebatang kara. Karena itu cara bersikap dan bergaul dalam kehidupan sangatlah penting bagi umat manusia. Bayangkan jika seorang manusia tidak dapat bergaul dengan baik maka dia tidak akan mendapatkan kemudahan di dalam hidup.
Seperti yang kita tahu juga bahwa saat ini dalam dunia pekerjaan yang  paling di butuhkan adalah koneksi atau boleh di bilang a right man in the right place, yang artinya hanya di butuhkan seseorang yang tepat yang kita kenal untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

   
    Cara bersikap dan bergaul yang baik, ada beberapa cara salah satunya adalah menjadi pendengar yang baik. Mungkin banyak orang bilang menjadi pendengar yang baik adalah suatu hal yang sangat sulit teteapi ada juga yang bilang menjadi pendengar yang baik adalah hal yang sangat mudah, manakah yang benar ? mari kita telaah. Seorang pendengar adalah seseorang yang boleh di bilang seseorang yang mendengar keluh kesah atau masalah dari seseorang yang membutuhkan bantuan atau solusi untuk memeahkan suatu masalah jikalau anda berfikir seorang pendengar adalah psikiater adalah seorang pendengar mungkin anda salah. Seorang pendengar bisa jadi siapapun, dimanapun, kapanpun, yang dapat membantu anda atau memberi solusi kepada masalah anda. Maka jadilah seorang pendegar yang baik. Mungkin anda bingung menjadi seorang pendengar yang baik ?! saya akan beri tahu caranya.

    1. DENGARKAN
    Saat anda mendengar seseorang berkeluuh kesah kepada anda maka dengarkanlah sampai dia selesai berbicara, jangan memotong pembicaraannya hingga dia bertanya kepada anda "apa yang harus aku lakukan ?".

     2. TENANGKAN
     Anda tidak perlu memberikan solusi yang terlalu tepat. anda harus memikirkan dalam tingkat apa masalah yang sedang di alami oleh teman anda ini, apakah sulit ? apakah sangat sulit ? atau mungkin masalah tersebut sangat sulit sehingga anda tiudak dapat memikirkan cara utnuk membantunya, yang perlu anda lakukan hanya tenangkan hatinya, katakan padanya aku akan membantumu sebisa mungkin.

    3. BERI GAMBARAN
    Saat dia benar - benar bertanya tentang solusi maka yang perlu anda berikan adalah suatu gambaran terbalik dari kondisi yang di alami oleh teman anda sekarang, contoh : misalkan teman anda memiliki masalah keluarga maka yang perlu anda berikan adalah suatu gambaran keluarga yang harmonis.

    Dengan 3 langkah ini maka anda telah menjadi seorang pendengar yang baik dan jangan anda lupakan bahwa seorang pendengar sangatlah krusial untuk pergaulan saat ini, baik anak muda, atau mungkin remaja, mauipun orang tua. Terkadang dengan hanya mendengar dirimu dapat menjadi pribadi yang lebih baik di mata orang banyak.

0 komentar:

Posting Komentar