Selasa, 15 November 2011

OPERA

      OPERA..... Tentunya anda tidak asing mendengar nama ini, ya itu adalah sebuah web browser yang sering d temui di dalam komputer ataupun telefon genggam anda...

      Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux......

Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME.Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya.Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.

 Selain sebagai penjelajah web di komputer, Opera juga dapat di gunakan di perangkat lain :

1. Telepon Pintar dan Personal Digital Assistant
    Opera Mobile merupakan versi Opera yang dirancang untuk telepon pintar dan personal digital assistant (PDA). Versi pertama dari Opera Mobile ini dirilis pada tahun 2000 untuk Seri 7 dan Psion NetBook.Saat ini, Opera Mobile tersedia untuk berbagai perangkat untuk Windows Mobile, platform S60, atau sistem operasi UIQ.
Salah satu fitur utama Opera Mobile adalah kemampuan memformat halaman web agar tampilannya sesuai dengan keinginan pengguna. Fitur tersebut menggunakan teknologi small screen rendering. Pengguna juga dapat memperbesar halaman dengan zoom.

2. Telepon Seluler
    Opera Mini adalah varian dari Opera untuk telepon seluler. Opera Mini, dirancang tak hanya untuk ponsel, tetapi juga untuk telepon pintar dan personal digital assistant. Opera mini dapat diunduh secara gratis. Opera Mini menggunakan platform Java ME. Hal itu membuat perangkat selular harus mampu menjalankan aplikasi Java ME agar Opera Mini bisa digunakan. 

3. Nintendo DS
    Nintendo DS Browser adalah varian Opera untuk Nintendo DS. Nintendo DS Browser dirilis di Jepang pada 24 Juli 2006 di Eropa pada tanggal 6 Oktober 2006 dan di Amerika Utara pada tanggal 4 Juni 2007.
Nintendo DS Browser menghadirkan rendering layar dan zoom yang juga ada di Opera Mobile. Nintendo DS Browser juga menghadirkan perangkat lunak handwriting recognition dan on-screen keyboard. Selain itu, Nintendo bekerja sama dengan Astaro Internet Security untuk penyaringan web untuk Nintendo DS Browser. Teknologi ini merupakan proxy server yang memblokir web berkonten pornografi, diskriminasi, hacking, pembajakan perangkat lunak, kekerasan, perjudian, narkotika, alkohol, tembakau, senjata, aborsi, dan konten lain yang dianggap tidak pantas.
4. Nintendo Wii
    Pada 10 Mei 2010, Perusahaan Opera Software bekerja sama dengan Nintendo untuk membuat penjelajah web untuk Nintendo Wii, yang dinamakan Channel Internet. Channel Iinternet, merupakan software gratis untuk download. Software itu dirilis pada 12 April 2007 dan gratis diunduh sampai 30 Juni 2007. Setelah itu, pengguna Wii harus membayar 500 Wii points (setara US$ 5) untuk mengunduhnya. Namun, di akhir Agustus / awal Sepetember 2009, Internet Channel bisa diunduh lagi secara gratis. 


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Opera_(perangkat_lunak)

0 komentar:

Posting Komentar