Kamis, 14 Maret 2013

Sejarah dan Perkembangan Website

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Web 
     Web pertama kali di kembangkan oleh SirTimothy John "Tim Berners-Lee", namun pada saat itu web masih berjalan tanpa terhubung jaringan dan mulai populer ketika mulai terhubung oleh jaringan internet pada akhir tahun 80-an.
     Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilanya masih sangat sederhana,hanya menampilkan teks,lalu hyperlink masih tampilan nomor.Web di kembangkan dengan sistem operasi Unix, karena pada waktu itu windows masih sangat sederhana.Pada tanggal 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa WWW (World Wide Web) dapat digunakan secara gratis oleh publik.

     Web biasanya ditempatkan pada server web dan biasanya sudah dilengkapi software khusus untuk menagnai pengaturan nama ranah dan melayani atas protokol HTTP.

     Semakin berjalanya waktu web pun semakin berkembang mulai dari teknologi tampilan (GUI), teknologi browser, teknologi bahasa untuk mengembangkan web.
     Teknologi web semakin berkembang yang di mulai dari Web 1.0 sampai yang paling baru Web 4.0 .

  • Web 1.0
inilah awal mula sejarah web lahir,dimana web masih bersifat statis atau kaku. Web 1.0 hanya memberikan satu pilihan pada pengunjungnya yaitu fasilitas membaca.
  • Web 2.0
versi ke-2 dari web teknologi. Tentu kali ini, web yang di kembangkan tidak kaku dan lebih dinamis dari versi sebelumnya. Pada Web 2.0 tidak hanya bisa membaca, tetapi juga dapat melakukan editing, drag and drop, dll .
  • Web 3.0
Web 3.0 atau bisa di sebut semantic web, karna di Web 3.0 mulai di terapkan konsep semantic dan sampai sekarang masih dikembangkan.
  • Web 4.0
Web 4.0 web teknologi yang masih pada tahap perencanaan yang akan menjadi future web. Web 4.0 ini ditanamkan intelligent web yang akan membuat seolah-olah mendekati kecerdasan manusia. sebuatn lain dari Web 4.0 adalah web os(operating system).

Refrensi : 

   

0 komentar:

Posting Komentar